Rabu, 03 November 2010

Film Charlie Chaplin tahun 1928 Ada yang Pakai Handphone??

                                                                        
BOLEH percaya boleh tidak, pada film Charlie Chaplin tahun 1928 ada seorang  yang terlihat menggunakan handphone. Apakah dia adalah orang masa depan yang menmbus ke masa lalu?

George Clarke, seorang sutradara film di Irlandia mengunggah video di internet karena diduga film itu merupakan bukti adanya perjalanan menembus waktu (time travelling). usai melihat film lama Charlie Chaplin itu, Clarke bingung karena salah satu adegan terlihat ada seorang  yang tengah melakukan pembicaraan dengan handphone alias telepon genggam.

Charlie Chaplin Misterius

Padahal pada tahun 1928 itu, tentu saja belum ada ponsel karena piranti komunikasi ini belum ditemukan. "Ketika saya menonton film tersebut di 30 detik pertama saya melihat pemandangan yang sama sekali tidak aneh. Mirip dengan suasana sehari-hari dewasa ini," tutur Clarke.

Namun setelah ditontonya berkali-kali, Clarje menemukan keganjilan. "Saya cermati adegan itu dan saya tonton berulang-ulang. Saya juga minta orang lain untuk menyaksikan adegan tersebut. Kesimpulannya sama bahwa seseorang yang berjalan tersebut sepertinya sedang berbicara melalui telepon genggam," kata Clarke.

Memang jika dilihat, adegan itu menampilkan seseorang  mengobrol sambil memegang obyek hitam di telinga. Adegan bersangkutan terdapat dalam menu ekstra DVD film Charlie Chaplin berjudul ‘The Circus’. Tayangan ini bukan bagian dalam skenario film, melainkan tayangan orang biasa yang lalu lalang sebelum film dimulai.

Clarke kemudian membawa film itu ke festival film di Belfast untuk ditonton lebih banyak orang. Namun sejauh ini tidak ada yang bisa memberikan penjelasan secara tuntas. Kini, Clarke mulai menyerah dan memperkirakan tidak akan ada penjelasan ilmiah tentang seseorang yang sepertinya melakukan pembicaraan menggunakan ponsel pada tahun 1928.

"Misteri seperti ini rasanya tidak akan terpecahkan. Saya sendiri cukup terbuka. Artinya, fiksi ilmiah mungkin ada benarnya. Jadi, sepertinya ada orang dari masa depan yang bisa menembus waktu (ke tahun 1928)," kata Clarke.

Nah penasaran dengan rekaman adegan film komedian Charlie Chaplin pada tahun 1928 yang misterius mengenai ada tidaknya Ponsel di tahun 1928 tersebut, berikut Video Misterius rekaman adegan film komedian Charlie .




Tetapi sejarawan Phillip Skroska mengatakan benda yang dikenakan tersebut kemungkinan adalah sebuah alat bantu pendengaran. “Mesin pembantu pendengaran lawas memiliki bentuk yang tak musti panjang dan melingkar.”
“Alat bantu dengar di zaman itu bentuknya bisa pendek dan kompak,” kata pria yang berprofesi sebagai pengarsip pada Bernard Becker Medical Library of Washington University di St Louis itu. 

Alat bantu dengar lawas di jaman Charlie Chaplin  

 Pada abad 19 alat semacam itu masih dibuat dalam jumlah yang banyak, dan terus hingga awal abad 20. “Dengan memperkirakan seseorang ini berusia lebih dari 50 tahun, jadi sepertinya ia menggunakan alat bantu dengar model akhir abad 19,” kata Skroska.

Tetapi sampai saat ini tidak ada penjelasan yang pasti mengenai hal itu, masalah ada tidaknya Ponsel di tahun 1928 tersebut belum pasti kebenarannya, dan juga apabila itu adalah sebuah "Alat bantu dengar" Mengapa terlihat seperti sedang melakukan pembicaraan dengan handphone alias telepon genggam, karena  video tersebut menampilkan seseorang  mengobrol sambil memegang obyek hitam di telinga, terlihat dari mulut seseorang tersebut seperti berbicara, tapi dia sedang berbicara dengan siapa???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar